RSS

Selasa, 14 Januari 2014

Langkahku Inspirasiku


Dengan senangnya aku menuju sekolah yang ku sukai yaitu SMKN 2 Malang, sekolah yang unik dan sejuk, dengan berbekal keyakinan aku tertarik sekali dengan jurusan keperawatan medis, langkah demi langkah pendaftaran ku lalui, dan pada tes terakhir terjadi suatu ketidak adilan yang kurasakan, tes mengerjakan soal matematika, gelombang 1 sudah berjalan, dan aku gelombang kedua, berhubung ada 1 bangku kosong pada gelombang 1, tiba-tiba aku disuruh masuk, dan akhirnya aku kekurangan waktu dalam mengerjakan soal matematika, hm..... ya sudahlah mungkin ini sudah jalanNya. Aku menuju ruangan selanjutnya dengan rasa kecewa, ruangan dimana banyak sekali yang antri untuk diwawancarai.  Giliranku untuk diwawancarai jantungku berdenyut kencang hehehe dag dig dug, aku diwawancarai oleh seorang guru wanita yang halus sekali suaranya, senyumannya yang tulus membuatku merasa nyaman menatapnya, beliau bernama Ibu Endang Widiowati. Kata-kata beliau mengembalikan semangatku untuk terus berjuang, dan beliau menyarankan agar aku mengambil 2 jurusan karena melihat nilai IPA ku dirapot kurang dan hasil dari tes matematika tadi yang nilainya juga kurang. Akhirnya bu Endang menawarkan jurusan PEKERJA SOSIAL yang sekarang sudah ganti nama menjadi Keperawatan Sosial.
Aku merasa asing dengan jurusan itu bahkan aku baru mendengarnya langsung dari Ibu Endang, dengan polosnya aku bertanya, Jurusan apa itu bu???..... Jurusan ini sudah lama ada disini nak...dan bahkan sekolah ini dulu sebelum menjadi SMKN 2, sekolah ini bernama SMPS yaitu Sekolah Menengah Pekerja Sosial yang ditempuh selama 4 tahun, yang mempelajari tentang perkembangan manusia. Aku semakin tidak faham dengan jurusan pekerja sosial, nanti kerjanya kayak apa ya?.. dan dengan polosnya aku mengiyakan memilih jurusan itu sebagai pilihanku yang kedua setelah Keperawatan medis..
Oh... tidak.... jurusan apa sih itu, dan aku tidak menyukainya, aku keluar dari ruangan itu dengan rasa bingung dan linglung... tidak sengaja telingaku mendengar sekelompok anak membicarakan tentang jurusan Pekerja Sosial itu jurusan buangan dari keperawatan medis... hah semakin tidak yakin dengan langkah ku tadi, fikiranku langsung menyimpulkan bahwa yang tidak diterima di jurusan keperawatan medis akan di lempar di jurusan PekSos. Hari demi hari aku menunggu hasil penerimaan siswa baru keluar, dengan rasa gelisah yang cukup hebat. Ya Allah semoga aku Engkau tempatkan di jurusan keperawatan medis, karena aku pengen sekali pakai baju putih-putih yang bersih dan terlihat berkarisma hehehe. Pengumuman sudah keluar, aku dan ayahku bergegas menuju lapangan basket dan segera melihat aku diterima atau tidaknya. Alhamdulillah aku diterima, dan yang sangat mengejutkanku adalah, oh tidak...... namaku tertulis di jurusan Pekerja Sosial, hm.... tubuhku terasa lemas, aku menghebuskan nafas panjang.....
***
          MOS telah selesai ku jalani, waktunya aku menuntut ilmu jurusan Pekerja Sosial, lebih kurang 5 bulan aku berada di kelas 10 PS 3 aku masih belum paham dengan ilmu pekerja sosial, sungguh abstrak hm.... Kulalui semua dengan sabar dan pada saat itu juga kutanamkan pada jiwaku untuk konsentrasi dan terima semuanya, lakukanlah dengan hati, dan semangat...
Bulan demi bulan aku mulai mengerti dan faham tentang ilmu pekerja sosial, dan sungguh ilmu yang luar biasa, ilmu yang digunakan untuk memahami perkembangan manusia dari lahir sampai lansia, dari ilmu pekerja sosial kita mampu membantu idividu-individu yang bermasalah utamanya secara psikis. Wah aku sangat bangga dapat belajar ilmu pekerja sosial karena begitu mulianya ilmu pekerja sosial, yang menangani kasus, bertanggung jawab atas kasus yang diambil, menjadi motivator, menjadi edukator, dll... Aku bangga menjadi pekerja sosial. Ada sebuah kata ajaib dari seorang guru pekerja sosial yang pepatah ini selalu aku ingat yaitu “Memanusiakan Manusia” nah itulah pekerjaan Pekerja Sosial. Kata kunci dari ilmu Profesi Pekerja Sosial adalah “Membantu seorang individu yang bermasalah agar mampu memecahkan masalahnya sendiri”.
***
Ketika aku kelas 11, aku ditempatkan Prakerin (PSG) Di Play Group TK Negeri Pembina. Nah... disini aku menangani seorang anak yang mengalami hambatan dalam perkembangannya, setelah beberapa bulan aku menangani masalah ini, aku banyak sekali belajar tentang perkembangan anak, karakteristik anak, cara berkomunikasi dengan anak, cara menyapa, cara berbicara, dll.... Dan aku sangat bangga sekali karena dalam jurusan pekerja sosial kita juga diajari bagaimana cara menyapa, berbicara, menatap, berkomunikasi dengan orang. Dalam jurusan pekerja sosial kita diberi ilmu untuk memahami karakter manusia. Memahami kerakter manusia menurutku sangat mengispirasi karena dengan ilmu itu aku bisa memahami kerakterku sendiri, orang tua, murid-muridku, dan teman-temanku. Nah ketika kita bisa memahami karakter manusia/ klien (Anak didik PekSos), maka kita akan lebih mudah membantu klien dalam menangani masalahnya tersebut. So..... PekSos Mengispirasi... kenapa tidak dari awal saja ya aku langsung mengambil jurusan ini... hehe
Oh ya, berhubung ketika prakerin aku banyak sekali belajar tentang perkembangan anak, dan aku sangat tertarik sekali dengan dunia anak, aku memutuskan Mengambil jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Presekolah Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) di Universitas Negeri Malang. Hm.... langkahku Inspirasiku, sungguh Allah yang menuntun langkahku.. ^-^
Kuliah adalah sebuah impianku yang pada awalnya aku berfikir tidak mungkin kugapai apalagi di Univ Negeri Malang. Tetapi dengan rasa kegigihanku dan semangatku untuk melanjutkan kuliah, Allah benar-benar memberikan keajaiban yang indah dalam hidupku. Pertama kali dan sampai sekarang kakiku menginjak tanah Perguruan Tinggi rasanya masih seperti mimpi, sungguh seperti mimpi.....
Awalnya aku hanya iseng-iseng mengikuti SNMPTN Jalur Undangan Bidikmisi, yang aku tidak mengerti jalur apa ini. Guru BK yang memberikan informasi padaku dan teman-teman kalau jalur ini adalah jalur kuliah gratis asal nilai rapot bagus dan stabil. Oh.. tidak mungkin ada kuliah gratis... kata2 itu yang terbesit dalam hatiku... Akhirnya aku hanya iseng2 mengikuti proses jalur itu. Hari berganti, minggu berganti, guru BK terus memotivasi aku, bahwa siapa saja yang berniat untuk kuliah semangat berjuang dalam proses pendaftaran jalur ini. Aku yang awalnya hanya sekedar iseng pada akhirnya aku benar2 menekuni proses pendaftaran jalur ini selama lebih kurang 5 bulan, sungguh melelahkan......  Aku harus kuliah, aku ingin kuliah, dan aku ingin menuntut ilmu... kata2 itu terus berada di jiwaku. Semangat yang kuterima dari guru, teman-teman, dan keluarga, yang menjadikanku terus berjuang dalam menggapai kuliah gratis hehehe... wah kapan lagi ada kesempatan kuliah gratis.... ngikut ah..... hehe candaanku bersama teman-temanku.
Kekuatan doa ibu adalah cahaya yang mampu menembus langit. Berkat doa dari orang tua, guru, teman-teman, dan perjuanganku... Namaku tercantum sebagai Mahasiswa
Penerima Beasiswa Bidikmisi Jalur Undangan.. SubhanAllah rasanya seperti aku berada di langit dan terbang hehehehe sungguh melegakan dan bahagia sekali...menakjubkan.
Dan yang menakjubkan lagi teman seperjuanganku, nama mereka juga tercantum sebagai Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Jalur Undangan. Wah.... Alhamdulillah... berjuang selama 5 bulan dengan rasa semangat yang terkadang naik terkadang turun hehehe dan akhirnya membuahkan hasil YES
Poppy, Putri Sih, Wahyu, Ari, semangat ya...^_^
Yeeeeeeeeee..... Horeeeeee
Mutiara Kata “ Berjuanglah dengan semangat dan rasa yakin karena semangat dan yakin adalah energi positif yang akan menggerakkan diri dalam berjuang”


Inilah duniaku sekarang....
^_^Dunia Anak^_^
Dunia yang menakjubkan dan menyimpan banyak keajaiban.
Ilmu pekerja sosial menjadikanku lebih mudah dalam memahami dunia anak, karena dalam ilmu pekerja sosial  kita belajar tentang bagaimana berkomunikasi dengan baik, memahami karekter manusia, memecahkan sebuah masalah dan masih banyak lagi...
Aku banyak belajar tentang perkembangan anak dalam ilmu pekerja sosial, dan kini aku ingin melengkapi dan memperluas ilmu tentang dunia anak di perguruan tinggi, hm....sungguh menyenangkan.

Buat adik2ku di jurusan PekSos, banggalah kalian dapat belajar ilmu Pekerja Sosial, karena hanya orang-orang tertentu yang bisa belajar dan berkecimpung dalam dunia Pekerja Sosial. Pada Intinya yakinlah dengan setiap langkah kita bahwa ini adalah yang terbaik, dan banggalah pada diri kita.
Semangat ya.....^_^


Seuntai ucapan terimakasih ^_^
Terimakasih saya haturkan kepada beliau guru-guru tercintaku di jurusan Peksos, berkat beliaulah saya bisa begitu memahami ilmu pekerja sosial  yang sangat luas. Berkat beliaulah saya bisa berdiri disini, berkat beliaulah saya menjadi seorang manusia yang kuat, optimistik, dan semangat. Sungguh beliaulah ispirasiku.
Pak Apud Mahfud: Terimakasih bapak, karena sudah membimbing saya dengan sabar dan telaten, sehingga saya bisa terus semangat dalam menempuh pendidikan jurusan peksos di SMKN 2 Malang. Dan terimakasih sudah menjadi wali kelas yang begitu memperhatikan siswa-siswinya, terimakasih ya bapak, sudah membantu saya mendapatkan SPP gratis hehehe.
Bu Andar : Ibu...Terimakasih telah dengan sabar dan tegas mengajarkan ilmu pekerja sosial kepada kami. Semangat ibu luar biasa. Penjelasan tentang ilmu pekerja sosial yang ibu sampaikan sangat mudah masuk dalam diri kami, karena ibu begitu sabar menerangkan dan penjelasan ibu mudah dipahami.
Bu Endang Widowati: Seorang ibu yang halus...dan begitu telaten membimbing kami. Terimakasih ibu...sudah memahamkan diri kami tentang pendidikan pekerja sosial. Dan terimakasih karena sudah menjadi Supervisor saya ketika PSG di TKN Pembina, yang dengan sabar dan senyum ibu membimbing kami.
Bu siti: Terimakasih ya bu....ibu begitu sabar dan telaten membimbing kami sehingga kami lebih mudah memahami pelajaran pendidikan pekerja sosial.
Bu Ita: Wali kelas ketika aku duduk dikelas 12. Terimakasih ibu karena sudah membimbing dan menasehati saya tentang banyak hal, dan semuanya menginspirasi.
Pak Arif: Terimakasih bapak sudah telaten mambantu dan membimbing  saya dalam proses pendaftaran jalur undangan bidikmisi, dan Alhamdulillah harapan bapak tercapai agar saya bisa kuliah, terimakasih bapak.
Pak Yachya, Bu titik, Bu evi: Bapak ibu, terimakasih banyak karena telah membimbing dan memberikan semangat kepada saya agar kuliah, dan terimakasih telah mendoakan saya dan teman-teman, sehingga kami menjadi yakin dengan langkah yang kita pilih.
Sekali lagi terimakasih banyak kepada, semua guru yang ada di SMKN 2 Malang. Berkat beliau semua saya bisa berdiri sampai sekarang, dan berkat ilmu beliau semua, saya bisa berdiri dan menjelajahi dunia pendidikan. Terimakasih..... ^_^
 

Nb: Cerita dituturkan dan ditulis oleh Putri Wulandari. Peksos SMKN 2 Malang lulusan tahun 2012. Saat ini kuliah di Universitas Negeri Malang (UM) jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Kontak: 

FB 'Putri Wulandari'

Email  althafunnisa_putri@yahoo.com



          

4 komentar:

Cerah Ceria-ku mengatakan...

Salam anak pekerjaan sosial.. saya alumni smk 8 semarang jurusan pekerjaan sosial

Cerah Ceria-ku mengatakan...

Salam anak pekerjaan sosial.. saya alumni smk 8 semarang jurusan pekerjaan sosial

Unknown mengatakan...

salam unuk anak pekerja sosial smkn2 malang

Unknown mengatakan...

salam juga untuk kalian semua smoga sukses sllu

Posting Komentar

SIlahkan Tulis Aspirasi Anda!

 
Copyright Aktivitas Kejuruan Pekerjaan Sosial/ Perawatan Sosial/ Social Worker 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .