RSS

Rabu, 22 Januari 2014

KUMPULAN SOAL UAN TEORI KEJURUAN PERAWATAN SOSIAL Paket A UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009

KUMPULAN SOAL UAN TEORI KEJURUAN PERAWATAN SOSIAL


Paket  A
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
SOAL TEORI KEJURUAN
Satuan Pendidikan       :  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Keahlian        :  Pekerjaan Sosial
Kode                             :  F036
Hari/Tanggal                :  Selasa / 24 Maret 2009
Alokasi Waktu             :  120 menit (Pukul 08.00 s.d 10.00)
Jenis Soal                     :  Pilihan Ganda
Jumlah Soal                 :  40 soal
 

1.        Proses penyampaian pesan dari sumber kepada penerima melalui media adalah suatu proses ....
A.    Relasi
B.     Interaksi
C.     Sosialisasi
D.    Akulturasi
E.     Komunikasi
2.        Seseorang atau sekelompok orang yang menerima pesan dari sumber adalah ........
A.    Pesan
B.     Media
C.     Komunikan
D.    Umpan balik
E.     Komunikator
3.        Di suatu badan sosial misalnya Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO), seorang petugas memberikan pelayanan kepada pengguna narkoba bertujuan untuk ........
A.    Koreksi
B.     Rehabilitasi
C.     Sosialisasi
D.    Preventif
E.     Kuratif
4.        Apabila dilihat dari arah datangnya pesan, komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan HP, maka komunikasi ini sering disebut komunikasi .............
A.    Satu arah
B.     Dua arah
C.     Banyak arah
D.    Serial
E.     Paralel
5.        Komunikasi yang efektif merupakan komunikasi yang berhasil yaitu komunikator mendapat respons dari audiens yaitu berupa ........
A.    Posive feedback
B.     Negative feedback
C.     Netral feedback
D.    Zero feedback
E.     Error feedback
6.        Komunikasi yang nyaman akan terjadi apabila antara komunikator dan komunikan tidak mendapatkan gangguan dalam bentukan pesan yang sering dinamakan....................
A.    Asosiasi
B.     Sosialisasi
C.     Disfungsi
D.    Distribusi
E.     Distorsi
7.        Sikap menerima keluhan orang lain dan ikut merasakan penderitaan orang lain tetapi masih ada batas-batas tidak hanyut emosinya merupakan gambaran sifat ................
A.    Kesejatian
B.     Hangat
C.     Empati
D.    Simpati
E.     Tidak menghakimi
8.        Sebagai makhluk sosial manusia senantiasa membutuhkan kehadiran orang lain. Aspek ini disebut ............
A.    Biologis
B.     Psikologis
C.     Sosial
D.    Spiritual
E.     Ekonomis
9.        Dalam membuat suatu laporan yang ditujukan kepada supervisor biasanya mencantumkan identitas klien. Untuk menjaga kerahasiaan inisial sangat perlu dicantumkan pada ............
A.    Nama
B.     Jenis kelamin
C.     Agama
D.    Alamat
E.     Pekerjaan
10.    Pihak yang terdekat dengan klien yang biasa ditanyakan tentang kondisi dan latar belakang klien agar data terpercaya yaitu ...............
A.    Kepolisian
B.     Keluarga
C.     Dokter
D.    Badan sosial
E.     Masyarakat
11.    Suatu teknik pengumpulan data, dengan cara membuat daftar pertanyaan secara tertulis dengan pilihan jawaban yang telah ditentukan, sehingga responden tinggal memilih jawaban yang sesuai adalah .............
A.    Observasi
B.     Wawancara
C.     Angket
D.    Dokumentasi
E.     Check list
12.    Salah satu syarat standart data yang diperoleh dengan observasi adalah .............
A.    Adanya prasangka dari peneliti
B.     Terbatasnya gerak dan wilayah pandang pengamatan
C.     Keterbatasan panca indra peneliti
D.    Validitasnya dapat dikendalikan
E.     Obyek mengetahui kalau sedang diteliti
13.    Untuk menetapkan masalah klien, pekerja sosial menerapkan wawancara ..........
A.    Informatif
B.     Administratif
C.     Research
D.    Treatment
E.     Diagnostic
14.    Data yang biasa dianalisis secara statistik menggunakan perhitungan matematika seperti penggunaa grafik dan fungsi, termasuk data........
A.    Primer
B.     Sekunder
C.     Deskriptif
D.    Kualitatif
E.     Kuantitatif
 15.    Data yang dikutip dari sumber lain disebut data........
A.    Lanjutan
B.     Nominal
C.     Sekunder
D.    Primer
E.     Tiruan
16.    Siswa mengolah data hasil wawancara dengan anak di suatu badan sosial. Data tersebut menurut jenisnya dikelompokkan data .........
A.    Sekunder
B.     Primer
C.     Kualitatif
D.    Kuantitatif
E.     Nominal
17.    Wawancara dan percakapan biasa berbeda dalam hal .......
A.    Peserta
B.     Biaya
C.     Waktu
D.    Tujuan
E.     Status
18.    Faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian manusia yang disebabkan oleh ciri-ciri fisik orangtuanya disebut faktor ......
A.    Biologis
B.     Sosial
C.     Psikologis
D.    Spiritual
E.     Intelektual
19.    Kebutuhan manusia akan kesehatan, keamanan dan perlindungan termasuk kategori kebutuhan dalam bentuk .............
A.    Konsep diri positif
B.     Emosional
C.     Fisik
D.    Pemenuhan diri
E.     Sosial
20.    Yang termasuk kebutuhan manusia pada tahap usia dewasa muda adalah .....
A.    Belajar peran orang tua
B.     Belajar ketrampilan dasar
C.     Sosialisasi
D.    Kasih sayang orang tua
E.     Perawatan fisik
21.    Orang yang mudah bergaul dan terampil menjalin relasi dengan orang lain cenderung memiliki tipe kepribadian...
A.    Terbuka
B.     Tertutup
C.     Ambivalen
D.    Kaku
E.     Kekanak-kanakan
22.    Faktor-faktor yang paling mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang adalah ...
A.    Minat dan hobby
B.     Pendidikan dan pergaulan
C.     Keturunan dan suku-bangsa
D.    Bakat dan pengalaman
E.     Budaya dan seni
23.    Kemampuan seseorang untuk mengubah perilakunya sesuai dengan tuntutan orang lain disebut ....
A.    Asosiasi
B.     Adaptasi
C.     Asimilasi
D.    Akomodasi
E.     Akulturasi
24.    Langkah paling akhir dalam pemberian bantuan pekerjaan sosial baik secara perorangan, kelompok maupun masyarakat adalah ......
A.    Melakukan terminasi pelayanan
B.     Melakukan evaluasi
C.     Melaksanakan intervensi pelayanan
D.    Menjalin relasi dengan klien dan lingkungan sosialnya
E.     Melakukan pengumpulan data
25.    Langkah pertama dalam merencanakan intervensi adalah ......
A.    Mengumpulkan data
B.     Mengidentifikasi masalah
C.     Merumuskan tujuan
D.    Menyusun rencana
E.     Mengatasi rencana
  
26.    Dalam praktek pekerjaan sosial dikenal empat sistem dasar yaitu sistem pelaksana perubahan, sistem kegiatan, sistem klien, dan sistem....
A.    Tujuan
B.     Sasaran
C.     Sumber
D.    Rencana
E.     Anggaran
27.    Bantuan seperti uang, doa, nasehat, dan dorongan biasanya diperoleh oleh klien dari sistem sumber informal (alamiah) yang disebut....
A.    Keluarga
B.     Sekolah
C.     Rumah sakit
D.    Kepolisian
E.     Panti Asuhan
28.    Bantuan berupa pinjaman uang dari koperasi biasanya diperoleh dari sistem sumber .....
A.    Informal
B.     Formal
C.     Kemasyarakatan
D.    Informasi
E.     Dana
29.    Pekerja sosial harus memahami klien apa adanya disebut prinsip ....
A.    Tidak menghakimi
B.     Kerahasiaan
C.     Individualisasi
D.    Penerimaan
E.     Partisipasi
30.    Peran pekerja sosial seperti menghubungkan klien dengan sumber pemenuhan kebutuhan merupakan ........
A.    Administrator
B.     Katalisator
C.     Mediator
D.    Enabler
E.     Broker
  
31.    Peran pekerja sosial yang menengahi sengketa kepentingan antara klien dengan sistem lain disebut ....
A.    Advokat
B.     Mediator
C.     Administrator
D.    Enabler
E.     Katalisator
32.    Pelatihan peningkatan kemampuan untuk mengembangkan usaha produktif bagi sekelompok pemuda Karang Taruna disebut fungsi .....
A.    Developmental
B.     Rehabilitatif
C.     Preventif
D.    Represif
E.     Kuratif
33.    Ukuran utama keberhasilan pemberian bantuan kepada klien yang dijadikan acuan oleh badan sosial adalah .....
A.    Masa pelayanan berakhir
B.     Perubahan yang diinginkan tercapai
C.     Biaya pelayanan habis
D.    Badan sosial tidak sanggup lagi melayani
E.     Tidak ada lagi sumber bantuan
34.    Evaluasi pelaksanaan intervensi berkaitan dengan kegiatan ...
A.    Menilai kegagalan klien dalam memenuhi kebutuhannya
B.     Meneliti siapa yang salah dalam pencapaian tujuan
C.     Mengolah hasil yang berbeda dalam pencapaian tujuan
D.    Membandingkan tujuan yang ditetapkan dengan hasil yang dicapai
E.     Memperhatikan keberhasilan klien dalam memenuhi kebutuhannya
35.    Alat atau teknik utama yang paling sering digunakan dalam memberikan bantuan pekerjaan sosial adalah ....
A.    Observasi
B.     Wawancara
C.     Studi dokumentasi
D.    Angket
E.     Penelitian
36.    Sinonim atau persamaan kata terminasi dalam pekerjaan sosial ialah .....
A.    Perencanaan relasi
B.     Pembangunan relasi
C.     Pengorganisasian relasi
D.    Pengendalian relasi
E.     Pengakhiran relasi
37.    Unsur terpenting yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan terminasi adalah ...
A.    Kontak telah terjadi
B.     Data/informasi telah terkumpul
C.     Masalah telah diidentifikasikan
D.    Rencana telah tersusun dengan baik
E.     Perubahan yang diinginkan telah tercapai
38.    Idealnya terminasi berlangsung apabila ....
A.    Klien tidak dapat membiayai pelayanan
B.     Wali klien tidak menyepakati kontrak pelayanan
C.     Intervensi pelayanan berhasil
D.    Pelaksanaan pelayanan tidak berhasil
E.     Klien memutuskan kontrak secara sepihak
39.    Pengalihan pelayanan dari seorang pekerja sosial kepada pekerja sosial lainnya di dalam badan sosial yang sama dinamakan ...
A.    Transferensi
B.     Transparansi
C.     Transformasi
D.    Transfer
E.     Transisi
40.    Kata lain dari istilah referal (referral) dalam pekerjaan sosial ialah ....
A.    Represi
B.     Rekreasi
C.     Rujukan
D.    Rencana
E.     Remedial
SELAMAT BEKERJA

0 komentar:

Posting Komentar

SIlahkan Tulis Aspirasi Anda!

 
Copyright Aktivitas Kejuruan Pekerjaan Sosial/ Perawatan Sosial/ Social Worker 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .